Friday 23 June 2017

Mengikuti Seminar Pelatihan Website dan Blog


Mengikuti Seminar Pelatihan Website dan Blog
Oleh Mahasiswa Mahasiswi UM

Sugeng Rawuh Sedoyo :)

Kali ini saya akan menulis artikel yang bertemakan Berbagi Cerita atau pengalaman pribadi dari saya sendiri, yang mengikuti sebuah kegiatan seminar yang diadakan pada saat bulan Ramadhan baru-baru ini. Sebelumnya saya berharap sekali, anda sebagai tamu atau pengunjung blog saya untuk membaca sebuah artikel atau hanya melihat-lihat saja, saya mohon sekali dengan harap support dari kalian semua, misalnya anda sebagai pengunjung blog saya, suka atau ingin mengomentari artikel saya silahkan, tidak apa-apa selagi komentar itu baik dan siap untuk saya terima. Supaya nanti kedepannya ini saya mampu membuat sebuah artikel dengan lebih semangat karena mendapatkan support dari kalian semuanya. Matur suwun. :)

Lanjut ke cerita.

Seminar Pelatian Website dan Blog ini diadakan oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Malang 2017, yang berlokasi di Balai Desa Jatiprahu (Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek). Narasumber atau pembicara dari kegiatan tersebut ialah Rois Muhammad dan dibantu dengan rekan teman-temannya. Rois Muhammad adalah seorang Network Enginer dan UI Designer. Dia mahir dalam sebuah jaringan, tapi dia juga suka dalam mendesain sebuah foto atau video.

Setelah berbincang-bincang mengenai biodata dari pembicara, acara selanjutnya yaitu menyampaikan materi. Pembicara mampu menyampaikan materi dengan sangat antusias, mahir dalam berbicara, dan sama sekali hampir tidak ada kesalahan dalam berbicara menyampaikan sebuah materi. Materi-materi yang disampaikan adalah pertama mengenai pengertian Internet, pengertian Website, jenis-jenis Website, cara kerja Website, jenis website media penyimpanan data, platform pembuatan Website. Dan kedua ini adalah Tutorial membuat Website dengan web Hosting dan Freenom.

Setelah pembicara selesai dalam menyampaikan materi, acara selanjutnya melakukan praktek membuat Website dengan didampingi Kak Rois Muhammad (pembicara). Praktek tersebut dilakukan harus terhubung dengan wifi pastinya, dan di tempat itu wifi lemot karena banyak teman-teman yang mengkonekkan wifi, akhirnya dibagilah menjadi beberapa kelompok, supaya satu laptop dalam satu kelompok dapat akses internet wifi.

Waktu terus berjalan, jam terus melakukan aktifitasnya. Dan banyak kendala-kendala yang muncul dalam membuat Website, ada yang sampai tengah-tengah terus macet karena ada kendala gak bisa diakses, ada yang udah tapi belum meregristasi domain, dan bla bla bla. Ya namanya juga belajar, pasti ada kendala-kendala yang muncul tentunya.

Pada saat melakukan pembuatan Website, saya dan teman saya mengalami kesulitan, tidak bisa melakukan regristasi domain. Entah kenapa setiap kali mencoba dan mencoba tetap selalu gagal, sudah tanya ke teman dari kak Rois tapi tetap juga hasilnya sama. Akhirnya temannya tadi menyuruh saya untuk menanyakan masalah tersebut.

Pada saat saya bertanya, saya merasa kurang PD dalam hal berbicara lebihnya, karena saya juga orangnya tidak terlalu aktif. Tapi dengan keadaan grogi dan nerves yang sedang menghampiri saya, saya mencoba untuk lebih tenang lagi, menarik nafas secara dalam-dalam dan saya mulai berbicara. Lega sih kalau akhirnya dapat berbicara didepan mic dan didengar semua orang, ya mungkin masih menjadi bahan guyonan ketika saya berbicara, ya namanya juga belajar untuk menjadi lebih baik. Hehe belajar menjadi baik.

Namun sayang, pertanyaan yang saya ajukan tidak dijawab oleh narasumber dikarenakan laptop saya tidak bisa mengakses internet dan mungkin narasumber lelah menunggu dan akhirnya pergi meninggalkan saya. Tapi dibalik semua itu saya tidak menyangka bahwa pada akhir acara ada penyerahan doorpize, dan dipilih tiga anak yang mendapat doorprize. Saya kaget, karena saya dipanggil kedepan untuk melakukan penyerahan doorprize.

Berikut foto-foto penyerahan doorprize.






Senang lah pastinya dapat doorprize, karena ini hal pertama kalinya saya mendapatkannya. Ternyata begini ya rasanya kalau kita aktif, dan mendapatkan hasil yang ya menurut saya membuat saya senang dengan perolehan diri sendiri, meskipun belum terlalu maksimal.
Hmmm.. sudah berada di ujung waktu alias sudah waktunya acara kegiatan ini selesai. Dilanjutkan melakukan sesi foto-foto bersama.


Meskipun yang datang sedikit, namun memang diatur kuotanya segitu karena kalau kebanyakan listriknya tidak kuat akhirnya mati, tidak jadi nanti kegiatannya.

Semoga cerita ini dapat memberikan sebuah gaya dorongan untuk selau berusaha menjadi yang lebih baik dan untuk selau aktif dalam semua kegiatan dan ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi kita semuanya. Monggo sedoyo :)

No comments:

Post a Comment